Pengalaman Seleksi CPNS KEMENKUMHAM (Analis Keimigrasian Pertama) 2017


Holaaaa.. 7 bulan sudah aku nganggur (Juli 2017).. Sejak Januari 2017 dan wisuda Februari 2017, resmi aku menyandang gelar sarjana dan tentunya sebagai beban negara a.k.a pengangguran :)) Sebagai lulusan universitas negeri dan lulus dengan predikat yang memuaskan, 7 bulan itu terasa lama.. Rasanya sempat menyesal menolak salah satu perusahaan perbankan swasta yang menawarkan gaji cukup besar untuk ukuran fresh graduate.. sampai dititik malas apply kerjaan dan interview (yakin deh.. pasti akan ada masa-nya hahaha)

Sampai pada bulan Juli 2017, ternyata mamaku benar.. pemerintah akhirnya membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia setelah beberapa tahun vakum.. excited? enggak juga sih.. karena aku sedang malas-malasnya untuk melamar pekerjaan.. Aku pun mendaftar di detik-detik akhir pendaftaran karena baru ingat besoknya harus pergi ke Kampung Inggris untuk melepas penat karena bosan dirumah meningkatkan kemampuan berbahasa asing.. wkwk namun pada akhirnya dengan kekuatan kemalasan di seleksi CPNS gelombang 1 yang hanya untuk Kementerian Hak dan Asasi Manusia aku memilih formasi Analis Keimigrasian Pertama yang kebetulan cocok dengan kualifikasi pendidikan yang kutempuh.. yaitu Sarjana Ilmu Komunikasi.. (Sebenernya banyak sih bisa juga dari Hukum, Hubungan Internasional, dan FISIP) dan kebetulan kuota cukup banyak.. ada 1799 kuota umum pria, 250 kuota umum wanita, 229 kuota cumlaude..

https://nasional.tempo.co/read/890771/lowongan-cpns-kemenkumham-formasi-buat-lapas-sampai-keimigrasian


CARA PENDAFTARAN SELEKSI CPNS KEMENKUMHAM 2017

Dengan zaman yang sudah berbasis teknologi seperti sekarang ini, semua pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah menggunakan pc/laptop dan tentunya jaringan internet karena semua pendaftaran dilakukan melalui website SSCN BKN dan informasi dapat diakses melalui Web CPNS Kemenkumham 2017. Untungnya untuk sarjana enggak ada pengiriman dokumen melalui POS.. Caranya sangat mudah..
1. Kita harus mendaftarkan diri di SSCN BKN
2. Mengisi biodata (harus diperhatikan nomor KTP dengan benar)
3. Setelah itu klik tab daftar. Tapi perlu diingat.. kita hanya bisa mendaftar satu kali setiap satu periode.. dan tidak bisa dirubah jika kita sudah melakukan pendaftaran dengan mengisi instansi dan jabatan.. jadi mesti hati-hati yaa..
4. Setelah itu, kita wajib meng-unggah dokumen yang diperlukan.. lagi-lagi harus perhatikan jenis file, ukuran file serta jangan salah mengunggah misal dokumen KTP di unggah di dokumen ijazah karena ya tadi.. kita tidak bisa merubah dan ini dapat berakibat kita tidak dapat lulus seleksi administrasi.. mudah kan? yang perlu disiapkan hanya dokumen yang dibutuhkan, pada tahap kemarin aku hanya menggunggah e-Ktp kayaknya, foto, ijazah, transkrip dan surat pernyataan yang sudah diberi materai.

Tahun ini ada yang beda dalam seleksi CPNS ini.. selain jalur umum, ternyata terdapat jalur khusus untuk putra/i Papua dan Papua Barat, jalur disabilitas, dan juga jalur cumlaude. Syarat umumnya pun juga mudah:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/ POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai Galon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10. Bagi Wanita tidak bertato I bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato / bekas tato dan tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
11. Pelamar merupakan lulusan:
a. Dokter spesialis, dokter umum, Sarjana S1 dan Diploma dengan IPK minimal 2,75 sementara dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat IPK minimal 2,50.
a. Minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun untuk dokter spesialis dan dokter umum Sarjana.
b. Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk Diploma III.
c. Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk SLTA.
a. Pria minimal 165 cm.
b. Wanita minimal 158 cm.
a. Pria minimal 160 cm.
b. Wanita minimal 155 cm.
b. SLTA sederajat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 7 atau 3 dengan skala 1-4 atau B diutamakan memiliki keterampilan komputer. Sementara dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat nilai Ijazah rata-rata 6 atau 2 skala 1-4 atau C dan diutamakan memiliki kemampuan komputer.
12. Usia pada tanggal 1 Agustus 2017:
13. Tinggi badan untuk pelamar jabatan analis keimigrasian dan pemeriksa keimigrasian:
14. Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan:
15. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III dan SLTA sederajat yang mendaftar pada Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila pelamar berdomisili tidak sesuai KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 tahun pada wilayah tersebut.

Bedanya jika jalur putra/putri Papua dan Papua Barat terbuka bagi pelamar yang menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua/Papua Barat.


Jalur disabilitas (hanya untuk beberapa formasi) adalah untuk penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisis, membaca, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi
Sedangkan jalur cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi institusi peringkat A dan akreditasi program studi peringkat A pada saat lulus berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). .

Nah.. disini lah kegalauanku dimulai.. memilih antara jalur umum dan jalur cumlaude, saat itu.. aku engga tahu apa bedanya kedua jalur ini, yang aku tahu hanya perbedaan kuota. Jabatan Analis Keimigrasian Pertama, untuk umum wanita ada 250 kuota dan cumlaude (pria dan wanita) 229 kuota. Namun, pada akhirnya aku memilih melalui jalur cumlaude karena pikirku sayang juga udah kuliah capek-capek tapi lewat jalur umum hahaha :") lagipula jalur umum pelamarnya sangat membludak.. jadi aku beranikan diri.. toh kalo rejeki ya ga kemana..

TAHAPAN SELEKSI CPNS KEMENKUMHAM 2017

Setelah sekitar 1 bulan menunggu.. awal september diumumkan siapa saja yang lulus administrasi untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar Computer Assisted Test (SKD CAT) secara online. Karena seleksi CPNS kali ini adalah yang pertama dibuka setelah beberapa tahun vakum pelamarnya sangatlah banyak dari sekitar 1.116.138 pendaftar kualifikasi sarjana, hanya 516.305 yang lulus verifikasi.. maka dari itu test SKD CAT dilakukan di wilayah provinsi domisili masing-masing. Ohiya.. sekitar 17.521 kuota untuk SMA dan Diploma/Sarjana dibuka tahun ini.. Jarak dari pengumuman ke SKD CAT juga hanya sebentar.. sebaiknya kalian belajar dari jauh-jauh hari karena banyak yang harus diingat kembali 😰

*Pengumuman Seleksi Administrasi*


Seleksi Kompetensi Dasar CAT 

Tahap ini dibagi beberapa sesi.. tergantung jadwal yang kita dapat.. ada yang pagi, siang, sore, bahkan malam hari kalo ngaret karena kendala teknis. Untungnya tahap ini diadakan di Hotel Olive, Tangerang yang yaa sangat dekat sih dari rumah hehe jadi gaperlu keluar ongkos banyak siap-siap beberapa puluh jam sebelum karena kita harus dilokasi 90 menit sebelum sesi kita dimulai untuk verifikasi. Nah ini penting! jangan lupa cetak kartu peserta diwaktu yang sudah ditentukan (karena jika sudah lewat suka gabisa guys.. beware yah.. jangan udah jauh-jauh ke lokasi bisa gagal nih..) dan bawa e-Ktp (kalo belom jadi.. bawa resinya juga gapapa)

SKD CAT itu susah susah gampang.. ada 100 soal dengan tiga section yaitu, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk TIU dan TWK, satu soal bernilai 5 poin jika benar dan 0 poin jika salah.. sedangkan TKP masing-masing jawaban memiliki skor 1-5. Nah, yang perlu diwaspadai dari tes ini adalah masing-masing section punya passing grade (PG) atau nilai ambang batas yang gabisa diganggu gugat.. jika salah satu section gak sampe PG maka kita dianggap gugur.

TIU: 85 berarti minimal 17 soal benar (35 soal)
Soalnya seputar matematika dasar dan aljabar, pemahaman wacana (silogisme, kalimat, EYD, wacana), penalaran logika (logis dan analitis)

TWK: 75 berarti minimal 15 soal benar (30 soal)
Soalnya seputar wawasan kebangsaan.. dari materi pancasila, bhineka tunggal ika, UUD 1945 sampai sejarah kemerdekaan dan kerajaan-kerajaan di Indonesia

TKP: 143 (35 soal) (disini gaada salah dan benar.. yaa semakin baik kamu jawab semakin besar poinnya)
Nah disini ada beberapa aspek seperti integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemampuan bekerja kelompok, kemampuan bekerja berkelanjutan, kemampuan menggerakan dan mengordinir orang hingga kepekaan terhadap orang lain

EH TAPI KABAR GEMBIRA UNTUK KITA SEMUAA! KALO JALUR DISABILITAS DAN CUMLAUDE MENIADAKAN PASSING GRADE YUHUUU! mungkin ini salah satu wujud apresiasi pemerintah :3 karena menjadi cumlaude tidak mudah sister :")

Jadi buat dedeq-dedeq kalo masih kuliah belajar yang rajin yaa.. lumayan lhoo.. PG itu mematikan banget soalnya.. satu ga lolos ya gugur aja udah 😭 nah kalo pake jalur diatas.. ini keuntungan kalo nilai kita walopun kurang 1 poin tapi totalnya 380an bisa bersaing ketat.. yha tapi lagi-lagi kuotanya cuma sedikit.

Kalo masih bingung.. bisa baca disini mengenai passing grade.. Passing Grade Menpan
Nah kalo mau latihan bisa coba di website official Simulasi SKD CAT BKN yang menurutku sih kurang membantu wkwk soalnya suka ada jawaban ngaco dibagian TKP tapi bagus kok buat latihan manajemen waktu.

Nah aku mau kasi TIPS SKD nih.. cuma ya ini menurutku aja..
- Kerjakan soal TKP dulu karena gampang dan paling banyak bacaannya :") Jawabannya ada di paling atas soal. Kalian harus liat dulu aspek yang dinilai.. biasanya ada dibagian atas sebelum soal.. kalo aspeknya integritas diri, jawablah yang paling menunjukkan sikap integritas yang positif.
- Kalo kalian lemah di hitung-hitungan kaya aku.. untuk TIU aku kerjakan bagian lain dulu, kalo soal matematika dasarnya susah ya langsung ku skip. Jangan terpaku pada hitung-hitungan kalo emang susah
- Kalo TWK sebisa mungkin baca aja semua materi terlebih dahulu karena kita gatau bakal dapet soal yang seperti apa.. atau kalau kemarin aku mengerjakan soal TWK dulu biar hafalnnya enggak lupa..
- FOKUS BELAJAR MATERI DIBANDING LATIHAN SOAL, kenapa? soalnya bank soal BKN itu buanyaaaaaak banget.. jadi kalo latihan soal terus buang-buang waktu aja. Mending dipake buat belajar materi sejarah yang tak terduga.. kadang kita belajar UUD yang keluar sejarah kerajaan.. eh kita belajar sejarah kerajaan, yang keluar malah sejarah kemerdekaan..

Aku belajar itu express cuma 2 hari WKWKWK plis jangan dicontoh! Itupun cuma belajar sejarah karena sumpah aku bener-bener lupa.. dan materinya banyak :"""D aku belajar dari buku (bisa beli buku apa aja.. cari aja di toko buku banyak kok!) tapi aku belinya 'Panduan Resmi Tes CPNS & BUMN 2017-2018 oleh Aryo Dewantara, bukunya warna biru, putih item dan tebel banget kalo gak salah harganya 185.000, dari google dan juga dari group messenger Telegram.. bisa add friend username nya @RekapSoal TWK @RekapSoalTIU @RekapSoalTKP.

Nah hasil belajar express tadi yaa kurang memuaskan.. nilaiku hanya TIU 85, TWK 85 dan TKP 163 dengan total poin 333. Lulus? Ya pasti.. karena aku lolos PG untuk 3 bagian tadi dan juga aku cumlaude.. jadi meski engga lulus satu bagian masih bisa lanjut hihi tapi jangan menjatuhkan kredibilitas anak cumlaude ya bosque wkwkkwk.. tapi untuk lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang? Belum tentu. Karena sekarang.. walaupun kita lulus.. tetapi nanti di rangking nasional lagi (per-jalur dan formasi) dan diambil 3x jumlah kebutuhan formasi. Contoh: Yang lulus SKD jalur cumlaude 20 orang.. formasi yang dibutuhin 5 orang.. berarti yang berhak ikut SKB adalah 5 orang x 3= 15 orang.. sedangkan peringkat 16-20 ya gugur gitu.. sedih kan :")

*Bisa Cek Peringkat Nasional SKD se-Kemenkumham pakai Aplikasi di Android*

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Tahapan seleksi selanjutnya adalah SKB CAT.. dari sekitar 700an (kalau nda salah) yang bisa lanjut dari formasi cumlaude hanya 229orang x 3= 687 orang.. dan alhamdulillah aku peringkat 612 sekian 😅 wuah nyaris.. ada sekitar 20 orang juga dengan nilai 333.. padahal kalo aku daftar cewe umum.. skor minimal yang bisa lanjut itu sekitar 340an.. rejeki anak salehah hahaha. Kenapa cumlaude kok nilainya engga besar? Karena pelamarnya pun tidak sebanyak umum.. maka dari itu persaingan engga terlalu ketat.

Kalo udah di tahap ini.. udah engga ada gugur lagi.. jadi kita otomatis ikut SKB sesuai dengan kementeriannya.. kalo Kemenkumham.. SKB ada yang CAT dan wawancara. SKB CAT dilakukan di kantor BKN wilayah provinsi domisili.. iya. Aku di Banten.. jadi aku harus ke BKN Serang :") lumayan yah nyetir mobil lewat tol yang isinya transformers truk tronton 😹

SKB CAT itu menggunakan komputer juga.. nah kalo ini biasanya 100 soal.. 50 soal umum seputar kementerian yang kita lamar dan 50 soal seputar jabatan yang kita lamar. Contohnya kemarin soal umum seputar hak asasi manusia, hukum internasional mengenai HAM dan beberapa materi soal hukum. Kalo yang khusus, karena aku daftar di Ditjen Imigrasi.. jadi aku belajar seputar imigrasi dari web kantor imigrasi dan UU terkait seperti UU no 6 tahun 2011 dan beberapa UU serta Permen terkait. Jadi sesuaikanlah dengan kementerian dan ditjen yang kalian lamar..

Untuk ini.. aku harus belajar mati-matian.. nilaiku harus diatas 250 untuk bisa mengejar posisi 229 besar. Secara nilaiku diambang kematian wkwk. Yang ini.. aku lebih serius. Aku belajar seminggu full dari internet dan juga dari group di telegram.. kalo ini ada group tersendiri yaitu group SKB. Jadi.. rajin-rajin buka group besar cpns kementerian aja baik di telegram atau di whatsapp biar update. Daaaan ini sangat membantu! Karena bisa saling sharing materi dan pembahasan. alhamdulillah.. it works! Gak ada hasil yang mengkhianati usaha.. nilai ku 280 dari target diatas 250 :"D

*Hasil SKB CAT sesi 9*


Setelah itu.. sekitar 2 minggu kemudian dilakukan SKB Wawancara.. ya.. untuk ini sih tergantung penilaian sang pewawancara.. wawancara dilakukan di Kantor Wilayah Kemenkumham Serang.. ohiya untuk Analis Keimigrasian Pertama.. ada tambahan pengukuran tinggi badan. Untuk wanita minimal 158cm dan pria 165cm. Seperti ini pengukurannya untuk di Kanwil Banten. Sudah ada alatnya.. plus nanti tetap di ukur ulang secara manual.. tinggi badanku ternyata 162cm wkwk padahal nebak.. ternyata tepat.. untuk yang tinggi badan wanita kurang dari 158cm.. nilai wawancara tidak lebih dari 60 (dari yang kuperhatikan) dan dipengumuman akhir akan TMS (tidak memenuhi standar). eitsss.. ingat! gak semua formasi butuh tinggi badan yaa.. seperti inilah alat pengukurannya mirip sama di Banten..


*Kemenkumham Sulawesi Tenggara*

Untuk wawancara sendiri terbilang santai namun formal.. untuk pertanyaannya biasanya seputar diri sendiri, kesiapan mengabdi, apa alasan mendaftar di Kemenkumham, mengapa ingin melamar sebagai CPNS, pengenalan diri, jelasin imigrasi dalam bahasa inggris (mungkin karena imigrasi kali yaa.. tapi katanya kalo lulusan sastra atau HI bisa full inggris) dan juga aku dapet baris berbaris tapi lebih ke catwalk kayanya wkwkwwkk (Bapaknya bilang 'Yaudah coba kamu jalan 5m lah bolak balik.. jangan fashion show.. biasa aja jalannya' dengan nada sedikit meledek 😂) yang me-wawancaraiku ada Bapak dan Ibu yang aku lupa namanya saking grogi.. tetapi si Bapak dari Kanwil dan si Ibu dari Pusat. Aku engga yakin sih bakal diatas 80.. ohiya skor maximal 90 yah.. (Kalo di Kemenkumham) karena pas wawancara aku super grogi, cengegesan, dan banyak hal konyol yang aku lakuin.. tetapi diakhir wawancara semua nilai langsung dipajang dan alhamdulillah skor ku 85.63 😭😭 love you Bapak dan Ibu 💙💙💙💙


Pengumuman Hasil Akhir dan Pemberkasan Kelulusan

Hari-hari yang sangat ditunggu oleh semua peserta.. disinlah keseruannya.. jadi kita semua kan sudah tau masing-masing nilai.. beberapa orang di group whatsapp dan telegram berinisiatif membuat sebuah quickcount yang bener-bener ternyata sama persis sama hasil akhir. Di quickount ini aku super deg-degan.. yaa walaupun belum official kan tetap aja ngitungnya pake nilai beneran broo.. wakaka yang susah sih nyari nilai wawancara karena cuma nilai ini yang engga di share secara online melainkan hanya ditempel dipapan masing-masing kanwil.. jadi kita semua bekerjasama mencari nama-nama yang belum ada wawancaranya.. nilaiku diawal dari belum banyak yang masukin data real.. merosot terus dari peringkat 90an hingga menjelang 120an.. wah pokonya kalo istilah di group itu banyak gorengan a.k.a berita-berita yang entah datang darimana terus di masukin di group, ditambah-tambah, makin dibahas makin krispi dan hot 😂😂😂

Hari-H pengumuman.. drama belom selesai. Yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang di web cpns Kemenkumham.. semua orang di group udah kalang kabut. Biasanya sih sekitar tengah malam menuju H+1. Jam menunjukkan pukul 23.05 dan belum ada tanda-tanda pengumuman.. aku yang tadinya semangat.. enggak juga sih.. PANIK MAH IYAA wkwkwk yaa soalnya..
1. Aku udah nganggur tepat 9 bulan (November 2017)
2. Udah ikut tahap seleksi yang panjuaaaaang terus jadinya capek kalo mesti ngulang
3. Orang tuaku udah mengharap anaknya meneruskan mengabdi untuk negara walaupun beda kementerian :")

Aku udah mikir.. kalo engga keterima aku males lamar kerja lagi.. :)) Enggak sadar aku ketiduran.. bangun-bangun jam 1 malem-an udah rame tuh notifikasi di hp.. belom juga sadar.. temenku udah chat 'woy kamu peringkat 139.. itu lulus gak di cumlaude?' aku dengan setengah sadar sampe lupa berapa kuota yang dibutuhin.. aku ingetnya 129.. padahal 229.. akupun cuma jawab 'engga deh kayanya.....' terus mikir sambil balikin nyawa dan baru sadar..... YA ALLAH AKU KETERIMA.. SUBHANALLAH.. WALHAMDULILLAH.. WASYUKURILLAH.. BERSUJUD KEPADA ALLAH~ BERSYUKUR SEPANJANG WAKTU~ *loh kok nyanyi*

*Pengumuman Kelulusan Akhir*

Belum selesai ternyata.. setelah itu ada drama pemberkasan..  pengumuman itu hari Jumat dini hari.. sedangkan pemberkasan cuma 4 hari dari senin-kamis. Sabtu-minggu biasanya gabisa nih cek Napza dan mau legalisir ijazah pun tutup.. Dan saat itu posisiku lagi di Bandung......... gimana caranya aku bisa tes kesehatan dan NAPZA kalo aku harus ke Jakarta pagi itu.. karena engga semua rumah sakit pemerintah untuk cek Napza cuma bisa sampe jam 11 siang.. hasil sehari jadi juga kalo dateng dibawah jam 10.. sedangkan dari Bandung ke Jakarta 3 jam :"ohiya.. begini nih dokumen yang harus dilengkapin..

*Daftar kelengkapan Pemberkasan Ulang*


Nah buat kalian yang udah di tahap pemberkasan.. jangan lupa nih..
1. Surat lamaran ditulis menggunakan tangan dan bolpoint hitam diatas kertas folio bergaris. Gaboleh salah. Gaboleh ada coretan. Aku nulis abis 6 folio yang dibuang. Dan salah di kalimat terakhir.. fak
2. Surat dokter dan NAPZA harus di rumah sakit pemerintah. Jangan lupa di legalisir yha! kemarin aku jadinya di RS Hasan Sadikin Bandung dengan biaya sekitar 290.000. Kalo di Jakarta buat Napza boleh di BNN tapi surat dokter harus dari rumah sakit pemerintah kaya RSUD, RS Bhayangkara
3. Ijazah dan Transkrip Kuliah, SMA, SMP, SD harus di legalisir. Kalo yang pendidikan terakhir misal Kuliah, harus di legalisir tanda tangan asli dan cap basah minimal Rektor, Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik. Kalo buat SD, SMP, SMA harus Kepala Sekolah dan jika sekolah berubah nama sertakan surat keterangan penggantian dari sekolah bersangkutan.
4. Daftar Riwayat Hidup ditulis tangan.. tinggal print formatnya biasanya terlampir
5. SKCK harus bikin di Polres. Karena kalo di polsek biasanya ditolak kalo buat melamar CPNS.. ohiya harus di Polsek wilayah domisili yah..
6. Kartu Kuning atau kartu pencari kerja bisa dibikin di Dinas Ketenagakerjaan.. tapi kalo di Jakarta setauku dari kemarin bisa bikin di kelurahan.. syaratnya cuma ktp, ijazah dan foto

Di pemberkasan ini pasti banyak drama 😂😂 dari yang salah dokumen.. harus bolak balik padahal tempat pemberkasan jauh.. pokonya banyak banget tantangannya tapi seruu!!! Pemberkasan juga dilakuin di Kanwil Kemenkumham Serang.. nah di Kemenkumham ini banyakan kegiatan di masing-masing daerah.. tapi pas gelombang 2 banyak kementerian lain yang semua tahapan dilakuin di Jakarta.. kalaupun ada daerah lain selain pulau jawa ya biasanya satu kota aja yang ditunjuk.. jadi lebih banyak keluar ongkos dan pengorbanan :") bahkan kakaknya temenku orang Medan, harus bolak balik Jakarta untuk seleksi...

Semua proses ini bener-bener aku murni tanpa sogok sana sini.. sistem seleksi Kemenkumham ini dinyatakan sebagai sistem terbaik oleh KemenpanRB! Semua proses sangat terbuka.. dan online.. jadi untuk nyogok kayanya udah susah yah.. waktu aku masih seleksi temenku bahkan ada yang nanya "ada orang dalem ya? ah kalo gaada mah susah ngapain capek-capek ujung-ujungnya yang diterima juga udah ketauan kok" then aku cuma jawab kalo dia doain aku aja.. karena aku mending kerja di swasta yang gajinya bisa lebih tinggi dari CPNS daripada bayar seharga 1 buah mobil (katanya sih yang udah-udah banyak yang gitu). Jadi.. buat kalian yang pingin mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil.. kalian sekarang harus senang dan lega.. karena sekarang tindak KKN untuk menjadi PNS sudah sangat berkurang jauuuuh (kenapa aku bilang berkurang jauh? karena ya aku gatau kan realitanya..) yang aku tau aku dan beberapa temenku bisa masuk dengan murni dan hanya mengeluarkan uang untuk print, transport dan akomodasi selama seleksi berlangsung..

Buat kalian yang mau atau lagi seleksi CPNS hal yang harus kalian inget adalah JANGAN LUPA MINTA DOA SAMA ORANG TUA setiap mau berangkat tes apapun itu.. jangan lupa berusaha sambil perbanyak berdoa. Semua itu pasti ada jalannya. Kalo rezeki ya engga kemana.. alhamdulillah aku baru sekali coba langsung lulus.. ada temenku yang coba tapi lulus di seleksi ke 3x. Jadi.. semua orang itu punya timezone-nya masing-masing.. jangan sedih kalo belum berhasil.. tapi jangan cepat puas kalo sudah berhasil.. intinya ya ikutin aja ritme hidup kalian.. hihi. Semoga tulisanku ini membantu kalian yaa 💙💚💛💜

14 comments:

  1. selamat kak, smoga bisa jd abdi negara yg baik n dpt penempatan sesuai harapan,,
    btw itu yg SKD bukannya jumlah soalnya utk TWK:35, TIU:30, TKP:35

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. terima kasih ya doanya.. amin! :D ohiya terima kasih untuk koreksinya :D

      Delete

    2. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

      Delete
    3. bayar berapa ya ke beliau?

      Delete
  2. waaaw selamat yaaa.. kalau boleh tahu ini pengalama pertama atau udah pernah nyoba tes cpns sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :D ini pengalaman pertama alhamdulillah hehe

      Delete
  3. Wah selamat ya. Semoga sukses selalu mengabdi di KEMENKUMHAM. Sayang sekali saya harus gagal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh maaf baru baless.. terima kasih juga mbaa.. coba aja tahun ini katanya kemenkumham bukaan lagi :D

      Delete
  4. Maaf mba revana bisa saya minta email untuk tanya2 seputar tes CPNS kemigrasian pertama ini? Saya cukup tertarik. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Lusia.. maaf ya baru balas.. soalnya akhir-akhir ini saya cukup sibuk hehe boleeh ke revanaaw@gmail.com aja yaa ^^

      Delete
  5. Kalau gak bisa b inggris ada peluang lolos seleksi gak mbak ?

    ReplyDelete
  6. Penempatan di kemenkumham mana mba ?

    ReplyDelete
  7. Selamat ya mba, semoga saya bisa meneruskan langkah mba Revana

    ReplyDelete
  8. mantap, makasih sharenya teteh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.