Pengalaman Seleksi RMDP (Relation Manager Development Program) CIMB Niaga 2017

Setelah lulus dan dapet gelar sarjana.. hal yang harus dilakukan adalah melamar kerja.. dari sebar CV melalui email perusahaan sampai apply via aplikasi pencari kerja. Puluhan lamaran pekerjaan sudah ku kirim dan akhirnya satu lah ada yang nyangkut di email hehe. Surat cinta pertama buat pengangguran..

*Email Undangan Test*

Email itu masuk pagi hari sih.. cuma aku baru buka sekitar sore hari. Pas baca surat cinta ini.. mikir.. kapan ya daftarnya?? saking banyaknya yang di apply sampe lupa perusahaan mana aja.. ohiya! via Jobstreet.. aku main apply aja gatau apa itu Relation Manager.. kupikir jadi manager WKWK taunya ini setara account officer.. tapi diatasnya (?)

Lagi-lagi manajemen waktu-ku kacau.. tes jam 9.00 di Pondok Indah.. baru berangkat jam 8.00 dari BSD wkwk. Terus tumben dong macet jalanan 😐 udah gitu kuota pas banget tipis gasadar.. pas lagi waze eh mati padahal lokasinya gatau dimana.. akhirnya sampai lokasi jam 9.10.. wah masa baru mau daftar udah telat.. tadinya di parkiran aku udah ngurungin niat buat ikut tes.. eh lalu ada cewe bawa-bawa map yang menjadi secercah harapan.. ternyata pas sampai dilokasi belum tes dan...... RAME BANGET! ohiya disini itu CIMB buat preffered jadi ya sepi.. karena buat nasabah tertentu. Di lantai 1 sudah banyak kursi-kursi dan para pelamar lainnya..

Jam menunjukkan pukul 9.30 dan datanglah mba-mba muda.. sepertinya sih HRD. Beliau menyuruh kami untuk absen kemudian isi form.. sekitar 10 menit kami semua dibagi menjadi 2.. setengah diruangan A untuk RMDP dan setengah di ruangan B untuk teller. Di dalam ruangan kami semua di briefing mengenai psikotes yang akan kami lakukan..

PSIKOTEST I (BASIC + ENGLISH TEST)

Psikotes pertama ini terdapat tes gambar (bukan menggambar), tes bahasa inggris dan tes kepribadian yang harus diselesaikan dengan waktu yang cepat.. ohiya pas terakhir bagian tes kepribadian itu harusnya cuma boleh sekali pengerjaannya.. maksudnya sekali adalah gaboleh salah gitu.. eh ternyata aku salah isi dong kebalik gitu HAHAHA terus minta kertas sama mba HRD nya di marahin dikit lol. Nah tes ini termasuk mudah sih.. setelah selesai tes kita semua disuruh untuk keluar ruangan dan makan siang.. sekitar jam 12.30 nanti diumumin siapa yang akan lanjut untuk psikotest kedua..

Dan... jeng.. jeng.. dari puluhan yang tes hanya sekitar 18 kalo gak salah yang lanjut.. sisanya langsung pulang..


PSIKOTEST II (THOMAS PSIKOTEST)

Nah test kedua ini.. sejauh aku sering test buat development program atau MT baru pertama kali sih nyoba tes ini.. katanya ini sama kaya test BIFA atau ODP BNI.. Testnya ada 5 sections:
  • Perceptual Speed
  • Reasoning
  • Number Speed and Accuracy
  • Working Memory
  • Spacial Visualization

Nah.. ini salah satu bentuk soalnya dari psikotest Thomas International..

*Ini yang gampang.. cari berapa abjad yang bener/sama, Jadi line 1 dan 2 itu soal..
Line 1 itu kapital. Line 2 huruf kecil. Line 3 jawabannya
Nah kita disuruh cari berapa banyak huruf yang sama antara Line 1 dan Line 2*

Menurutku sih ini susah ya.. bukan susah sih sebenernya.. karena harus cepet dan akurasi tinggi.. contoh diatas masih gampang.. terus kalo udah di section terakhir udah ilang konsentrasi apalagi di bagian R diputer kanan kiri atas bawah kaya semacem mirror but lebih susah 😂 kaya gini..

*Ini line atas sama line bawah R nya harus sama.. kalo R ngadep kanan yang bawah kalo diputer
juga harus ngadep kanan. Kalo R nya mirror.. line bawahnya juga mirror. Pokonya gitu deh
Sorry am svcks when explaining sumthin lul*


Nah ini ada contohnya kalo kalian mau coba.. bukan contoh soal tapi gimana bentukannya si Thomas ini.. kalo mau cari bisa juga search NBO Test dan ini contoh testnya disini. Pokonya ini tuh cepet banget.. tiap 5 menit mungkin ya ganti section.. tapi so far ini seru sih psikotestnya.. 

Nah abis psikotest II.. langsung dilanjut leaderless group discussion (LGD). Sebelumnya kita disuruh belajar mengenai Small Medium Enterprises (SME), Funding, Lending dan yang berhubungan dengan perbankan..

Leaderless Group Discussion

Ini adalah tahap terakhir untuk test bagian pertama. 1 group dibagi menjadi 8 orang.. dimulai dengan mba HRD tadi menanyakan siapa yang mau memperkenalkan diri.. dengan sigap temen yang baru aku kenal, Sakinah, langsung memulai.. kemudian berputar searah jarum jam untuk mengenalkan diri dari nama, asal kampus dan kenapa ingin melamar di RMDP Cimb Niaga

Setelah itu kami diberikan sebuah case bagaimana meningkatkan penjualan KPR.. di LGD ini tidak ada yang mau begitu menonjol.. semua mendapatkan kesempatan berbicara. Ada yang langsung menjadi notulen, ada yang diem aja, ada yang expert banget jadi ngomong terus.. sesekali aku melontarkan sebuah pernyataan yang sempat aku baca di website CIMB Niaga mengenai programnya.. sampai terakhir salah satu dari kami diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Setelah itu.. HRD tersebut memberikan arahan mengenai kesimpulan kami, memberikan gambaran sedikit bagaimana bekerja di CIMB Niaga, memberitahu attire untuk tahap selanjutnya.. dalam 2 minggu kedepan kami akan dihubungi jika lulus dalam tahap ini.. wah gak terasa sudah jam 16.30.. Ternyata pengalaman pertama mencari kerja ini sangat melahkan ya..

INTERVIEW USER

Beberapa hari setelah psikotest.. Shakina ngabarin kalo dia udah di telfon buat dateng interview user di CIMB Niaga Pusat.. aku mikir sih emang aku gadapet.. soalnya ya biasa aja pas ngerjain psikotest 😅 gak lama dari Shakina ngabarin.. ternyata aku ditelfon untuk dateng interview user di CIMB Niaga Cabang Alam Sutera hari senin jam 10.00

Sampai di lokasi.. aku ketemu sama beberapa orang yang mau interview juga.. dan ternyata banyak.. ada yang psikotest dari kampus.. dan ada yang psikotest dari tempat lain.. tapi aku ga ketemu sama 1 kloterku pas interview kemarin.

Interview berjalan lancar. Standard.. seperti pengenalan diri, alasan, tau engga mengenai perbankan dan yang berhubungan dengan kerjaan. Tapi.. aku salahnya disini bawa CV kreatif wkwkwk nah si bapaknya rada bingung gitu baca CV ku 😓 pas udah selesai kita semua disuruh tunggu diluar sekitar 10 menit..

Enggak lama mba HRD yang kemarin ngumumin bahwa yang sudah interview boleh pulang kecuali 3 orang peserta yang belum psikotes dan juga..... aku. Setelah itu, aku dibawa naik ke lantai HRD, ohiya CIMB Niaga Alam Sutera tuh satu gedung dan isinya banyakan buat CIMB.. ternyata aku dikasih tau kalo user udah oke sama aku..

Mba HRD ngasih tau terms and condition.. dari mulai benefit sampai mengenai programnya. Aku dikasih alamat buat medical checkup didaerah Jakarta Pusat besoknya dan disuruh puasa.. dan jam 8 pagi aja medchecknya..

Setelah itu aku mulai galau karena ada terms and condition yang aku kurang sreg.. setelah nanya sana sini.. dari keluarga sampai teman yang udah duluan jadi RMDP di CIMB Niaga.. juga pacar aku yang kerja di bidang perbankan.. akhirnya aku memutuskan untuk gadateng medcheck.. engga itu ajasih karena ternyata aku harus ada urusan di Bandung..

2 minggu dari jadwal medcheck, aku ditelfon oleh HRD CIMB Niaga.. apakah mau melanjutkan proses atau engga.. soalnya minggu depannya sudah harus mulai pendidikan.. tapi akhirnya dengan berat hati karena benefitnya oke boook untuk setingkat freshgraduate aku menolak kesempatan ini..
Padahal baru apply langsung dikasih rezeki.. tapi sepertinya belom jodoh.. dan ternyata Shakina juga lulus untuk medcheck namun pada akhirnya dia juga engga ambil HAHAHA maafin kegalauan kita ya team recruitmentnya CIMB Niaga :")

If u have any questions about this recruitment process.. don't hesitate to leave comment down below 😆

5 comments:

  1. Halo mba, saya boleh tau kenapa tidak melanjutkan ke med check?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo.. iya karena aku ada keberatan sama TnC nya dan kebetulan juga tiba-tiba ada urusan keluarga di Bandung yang gabisa ditinggal hehe

      Delete
  2. Pengen nanya dong mba, pas LGD itu kita diskusi pake bhs Inggris apa Indo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. maaf telat bales yaa :( LGD pake bahasa indo sih..

      Delete
  3. mau nanya dong mbak keberatannya dengan TnC itu mengenai hal apa ya kalo boleh tau? trus apakah ini kerjaannya nanti jadi sales yg mencari nasabah sendiri?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.