[Tips] Menghilangkan Beruntusan dan Jerawat Tanpa Mahal!

Hallo Beaulovers <3 Setelah struggling beberapa bulan terakhir dengan beruntusan dan jerawat yang hilang satu tumbuh seribu dan nyoba krim penghilang jerawat yang malah bikin alergi.. bisa baca disini yaa.. akhirnya aku googling krim penghilang jerawat lain tanpa kandungan benzoyl peroxide didalamnya..

Abis googling.. nemu nih dua produk penghilang jerawat yang katanya sih lumayan ampuh yaitu Retin-A dan Vitacid. Sempet liat juga di instastory Tynna Kanna Mirdad pernah rekomendasiin krim Retin-A untuk meredakan jerawatnya.. setelah itu aku mulai galau apakah aku beli atau engga.. secara kemarin aja pake Oxy5 aku sampe alergi.. kalo Vitacid aku direkomen sama temenku.. ini juga kandungannya salicylic acid sama seperti Retin-A.. cuma setelah baca-baca diberbagai forum.. kedua produk ini lumayan keras.. karena ada kandungan salicylic acid yang bisa meng-exfoliate kulit dan mengangkat sel kulit mati.. ada yang bilang kulitnya makin kering, ada yang cocok dan ada yang makin breakout..

Setelah itu.. aku coba googling lagi kandungan apa aja yang ampuh untuk menghilangkan jerawat.. dan nemu lah beberapa artikel dari luar.. disebutlah Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid. Nah.. bener kan pilihanku 😂 tapi kan kalo Benzoyl udh fix gak cocok.. berarti Salicylic ada harapan.. Apasih bedanya benzoyl dan salicylic? Aku akan jelaskan secara singkat ya.. Sumbernya dari Artikel Majalah Teen Vogue


  • Benzoyl Peroxide
Benzoyl adalah obat tanpa resep yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat, biasanya disebut BPO. Fungsi utamanya adalah sebagai exfoliate agent, menghilangkan minyak berlebih di wajah dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. BPO tersedia dalam kadar 2.5%, 5% dan 10% (yang 10% harus dengan resep dokter).

Satu hal yang harus diwaspadai dari Benzoyl Peroxide adalah BPO dapat nge-bleach kain gelap! Pastikan untuk mengaplikasikan BPO setelah melepas sweater biru tua dari wajah Anda! Hal ini juga dapat menyebabkan pengeringan, pengelupasan, dan kemerahan jika tidak diberikan dalam jumlah yang tepat, dikelilingi oleh campuran bahan yang tepat.. kata Dr. Bowe. 

Kelebihannya
Melawan bakteri penyebab jerawat
Bekerja sangat cepat (dalam 5 hari pertama!) 
Mencegah tubuh kita untuk kebal dari antibiotik.

Kelemahannya
Menimbulkan efek kering, mengelupas dan kemerahan
Bisa nge-bleach kain (makanya obat ini keras)
Dalam beberapa kasus bisa bikin hiperpigemntasi/dark spots
  • Salicylic Acid
Salicylic acid adalah beta-hydroxy acid (BHA) yang dapat membantu mengobati jerawat dengan mengelupas kulit dan membantu mengusir sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori. Salicylic acid tersedia dalam dalam konsentrasi 0,5% -2%.

Fungsi salicylic acid ini adalah ia bekerja untuk melawan jerawat (tapi gabisa melawan bakteri) tapi uniknya dapat menenangkan kulit.. jadi salicylic ini bisa meredakan kemerahan karena mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan radang. Salicyl ini bisa aja setara dengan aspirin lho.. cuma sayangnya kalo pake dosis berlebih bisa exfoliate muka.. jadi bisa bikin kulit ngelupas.

Kelebihannya
Meng-exfoliate kulit dan menghilangkan sel kulit mati
Natural (dari kulit Pohon Willow), anti radang dan menenangkan kulit
Mengecilkan pori-pori

Kelemahannya
Butuh waktu cukup lama untuk hasilnya (4 minggu)
 Dapat menimbulkan efek samping, tapi biasanya yang dijual di toko gabakal membahayakan soalnya konsentrasinya gak over

Nah.. dari penjelasan diatas.. sesuai pengalamanku, bener banget Benzoyl Peroxide ini super cepet buat ngatasin bruntus dan jerawat. Terbukti pas aku pake Oxy5 itu sekitar 5 hari langsung hampir mulus tuh muka ku.. sayangnya aku ga cocok dan alergi pake krim ini.. bisa dibaca disini ceritanya.. (https://revanaw.blogspot.co.id/2017/12/review-oxy-5-acne-pimple-medication.html)

Akhirnya aku mutusin buat cari produk yang mengandung Salicylic Acid ini.. tadinya pilihanku jatuh sama Vitacid.. cuma setelah baca reviewnya aku jadi maju mundur syantieeek hahaha.. terus tiba-tiba aku kepikiran sama Bedak Salicyl. Kebetulan dirumahku ada bedak ini.. dan bedak ini pun aku pake buat ngobatin mukaku yang alergi sama Oxy5 kemarin.. Bedak yang ini lhoo.. murah meriah cuma 7.000! Aku mikir.. kalo ini boleh dipake buat muka pas alergi kemaren.. berarti boleh kali ya dipake buat nyoba nyembuhin jerawat ama bruntus #Sotoy2017

*Bedak Salycl yang dijual di pasaran; Rp 7000*

Aku udah engga googling lagi nih boleh apa engganya si bedak ini dipake buat jerawat.. takut maju mundur lagi hahaha tapi kakak ku bilang, temennya itu mukanya mulus kalo bedak pake Herocyn.. nah tapi aku ga minat soalnya bedak Herocyn kan efeknya panas.. beda sama si Salicyl ini.. berbekal scroll diberbagai website luar tentang penggunaan Salicylic Acid buat jerawat.. aku beraniin buat eksperimen 😅😅 lagian kan kandungan salicylic di Bedak Salicyl cuma 2% berarti sesuai nih sama penjelasan diatas..

Seminggu pertama.. aku nyoba balurin Bedak Saliciyl KF (AC. Salicylium 2%) didaerah yang super beruntus dan jerawatan.. aku pake setiap mau tidur dengan kondisi muka udah bersih.. cuci muka pake Sebamed Face and Body Wash sama pake Toner Lemon dari Viva (ini sih optional) dan balurin tuh Bedak Salicyl tiap hari selama 2 minggu.. dan hasilnyaa.. ADA BANGET!! Beruntus dan jerawat aku engga sebanyak waktu awal.. dan yang 'mateng' pun cepet kering.. kalo belom malah jadi cepet 'mateng'

Di minggu ke-tiga, aku ganti facial wash pake Acnes Foaming Wash karena aku mikir kalo Sebamed aja engga cukup buat ngelawan bakteri penyebab jerawat karena emang tuh sabun ya biar pH nya seimbang aja.. nah di minggu ke-tiga ini aku lebih rajin buat cuci muka.. tonernya ganti yang Sari Mawar dari Mustika Ratu (aku ganti micellar water pake ini 😆 *jangan dicontoh* dan pemakaian Bedak Salicyl udah engga setiap hari.. yaa dua-tiga hari sekali lah karena emang jauh berkurang..

Di minggu ke-empat, aku masih pake Acnes Foaming Wash, kalo toner udah jarang, dan Bedak Salicyl-nya pun juga jarang.. kalo inget aja.. dan aku bisa bilang IT WORKS VERY WELL ON MY SKIN! 😍😍

*Before-After*

Ohiya.. aku juga disini ngelakuin detoks muka a.k.a engga pake makeup selama sebulan.. ya engga yang bener-bener polos.. aku tetep pake concelear untuk nutupin dark circles tapi emang cari shade-nya yang sesuai sama warna kulit jadi engga belang terus di set pake bedak transparan tapi bagian mata aja, mascara, ngalis, lipstick dan kadang kalo pergi biar agak matte aku tetep bedakan tapi pake bedak bayi tapi jarang lebih sering polosan aja..

Nah.. sekarang kondisi muka aku much way better sih.. di minggu ke-tiga udah bisa dandan juga kalo kadang acara yang emang mesti full makeup.. sekarang nih.. 1 Januari 2018.. muka aku masih ada beberapa jerawat tapi engga sebanyak dan keliatan pas awal desember.. bisa diliat di foto diatas.. kalo emang udah mulus aja gitu walaupun kalo dipegang ya masi aja ada sedikit yang 'gerenjel'

Disclaimer.. kondisi kulit muka orang berbeda-beda.. ada yang cocok dan ada yang engga.. aku nyoba pake Bedak Salicyl ini juga tanpa konsul dulu ke professional. Bisa jadi di aku cocok dan bisa jadi di kalian ada yang cocok atau engga.. jadi saranku sebelom nyoba ya di tes dulu aja di beberapa bagian..

Sebelum post ini.. aku akhirnya nyari apakah boleh Bedak Salicyl dipake buat muka.. (sebelumnya engga wkwkwk sotoy aja gitu soalnya buat kulit sendiri) daaan ternyata ada juga testimonial orang yang cocok dan sembuh jerawatnya pake Bedak Salicy..

*Sumber: Kaskus*



Semoga info dan tips ini berguna buat kalian.. lagi-lagi aku ingatkan kalo setiap kondisi kulit orang beda.. apalagi jerawat.. tapi sih dari yang kubaca dan pengalaman pribadiku.. Bedak Salicyl ini cukup aman buat kulit.. dan harganya murah meriah.. sampai sekarang pun aku masih pake yaa.. karena daripada aku ke dokter dan ketergantungan.. lebih baik aku ketergantungan sama bedak 7000 😂😂




Love, 

11 comments:

  1. hmm boleh dicoba nih ntar kalo bedak marcks aku habis.
    ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha coba deh! sumpah ngaruh banget :)) bahkan skrg aku bedakan pake salicyl wkwk

      Delete
  2. Gapapa itu bedakan tiap hari pake salicyl? Kalo buat ngilangin bekas jerawat nya gmna ya mba?

    ReplyDelete
  3. Emang bener,Jerawat aku udah bertahun-tahun ngga ilang", udah ke dokter tapi cream dokter ketergantungan, bahkan semua cream udah aku coba,pas aku pake bedak salicyl KF jerawat aku udah hilang+kulit mati di wajah aku udah bersih kalo tiap cuci muka. Jadi sekarang aku pake bedak ini setiap hari 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedaknya dipakai sehari hari? Kalo boleh tau yg dipakai buat cuci muka pke apa yah?Aku juga lagi ketergantungan cream pengen lepas tapi setiap ga dipake jerawat pada muncul😥

      Delete
  4. Baru mau coba nihh gaisss bedak salicil kf.. Semoga cepwt sembuh juga jerwatnya seperti temn2...

    ReplyDelete
  5. Aku udh pakai semingguan ini karna aku lagi cacar air sampe ke muka, cacarnya kering barengan sama jerawat2 aku, pada kering dan keluar gitu loh si isinya pada copot dengan sendirinya. Aku pake ini cuma buat malem aja sampe pagi

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya takut mau coba soalnya sebelum baca artikel ini aku baca kalo pakai bedak salicylic jangka panjang ada efek sampingnya buat muka... Jadi bingung hehe

    ReplyDelete
  7. Numpang tanya dong klw bedak ini ngak nyumpat pori pori ya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.